Monday 23 September 2013

Half of My Mind (History Lesson)

Kerajaan Demak
Kerajaan ini didirikan pada tahun 1478. Kerajaan Demak adalah kerajaan Islam pertama dipulau Jawa. Setelah runtuhnya Kerajaan Majapahit, Kerajaan Demak segera melepaskan diri. Lalu 9 orang wali atau biasa disebut Wali Songo menobatkan Raden Patah sebagai raja pertama Kerajaan Demak yang bergelar Senapati Jimbung Ngabdurrahman Panembahan Palembang Sayidin Panatagama.
Pada tahun 1507, Raden Patah digantikan oleh putranya yang bernama Pati Unus. Sebelum naik tahta, Pati Unus pernah memimpin armada laut Kerajaan Demak untuk menyerang Portugis di Malaka. Namun usahanya belum berhasil. Lalu Pati Unus memperkuat armada laut Kerajaan Demak agar Portugis tidak dapat masuk ke wilayah Demak dengan mudah. Sejak tahun 1518, Kerajaan Demak mencapai puncak kejayaannya dengan wilayah kekuasaan meliputi sepanjang pantai utara Pulau Jawa, Palembang, Jambi, Banjar, dan Maluku. Pati Unus wafat pada tahun 1521 dan digantikan oleh adiknya, Sultan Trenggono.
Sultan Trenggono meneruskan usaha menangkal pengaruh Portugis di Kerajaan Pajajaran. Pada 1522 Gubernur Portugis, Jorge d’Albuquerque mengirimkan utusan Portugis menemui Raja Samiam di Kerajaan Pajajaran. Oleh sebab itu, Sultan Trenggono mengutus Fatahillah untuk mencegah rencana Portugis yang ingin menguasai Sunda Kelapa. Dengan taktik briliannya,Banten dan Sunda Kelapa pun jatuh ke tangan Demak, dan Portugis dapat diusir dari Sunda Kelapa. Setelah menguasai Sunda Kelapa, Fatahillah mengubah nama Sunda Kelapa menjadi Jayakarta pada tahun 1527. Dengan ditaklukannya Cirebon, maka seluruh wilayah pantai utara Pulau Jawa telah berada dalam kekuasaan Demak. Pada tahun 1546, Sultan Trenggono gugur dalam penyerangan terhadap Pasuruan.

Setelah wafat, terjadi banyak perpecahan dalam kerajaan. Selanjutnya, Arya Penangsang menobatkan diri sebagai raja di Kerajaan Demak. Akan tetapi, Arya Penangsang dapat dikalahkan oleh Pangeran Hadiwijaya, tidak lain dia adalah menantu dari Sultan Trenggono. Pangeran Hadiwijaya kemudian memindahkan Kerajaan Demak ke Pajang pada tahun 1568.

No comments:

Post a Comment